Penggugat Belum Tingkatkan Alas Haknya Tiba Tiba Keluar Sertifikat Baru

Sengketa Kepemilikan Tanah Di Kantor MWC NU Ampel Gading Malang 

Wasilah Indi

Jagad Warta – Malang, Sidang Pemeriksaan Setempat atau PS atas perkara sengketa tanah nomor 190 /Pdt.G/2023/PN.Kpj , berlangsung Jumat (2/2/2024).

Sidang PS, pada obyek sengketa di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang, juga tampak para Penggugat yang didampingi Penasehat Hukumnya yakni, Agus Salim Ghozali. Tergugat juga didampingi Penasehat Hukumnya.

Dikesempatan tersebut, Sang Pengadil, melemparkan pertanyaan terkait batas batas obyek sengketa.

Jawaban Penggugat terkait batasan obyek sengketa sama persis seperti yang disampaikan Kepala Desa, Joni.

Lain halnya, yang disampaikan, Tergugat sangat berbeda jika mengacu pada sertifikat tanah atas nama Leginem dan dijual ke Said dengan bukti Akta Jual Beli (AJB), dengan luas tanah 1460 M2.

Berlandaskan AJB diatas, pihak keluarga besar Penggugat belum sempat di tingkatkan alas haknya menjadi sertifikat.

Untuk diketahui, Said pada tahun 2001, telah meninggal dunia lantaran, melangsungkan ibadah haji di Mekkah.

Melalui beberapa informasi yang berhasil dihimpun, usai Said membeli tanah dari Leginem , langsung membangun rumah dan ditempati sebagai hunian sejak 1965.

Dalam perkara ini, para Penggugat merasa kaget ketika alas haknya diakui, oleh, Gini sebagai Tergugat yang menjual obyek tersebut, kepada Abdul Dahri salah satu Penasehat Hukum yang juga menjadi Tergugat 3.

Selanjutnya, Dahri menjual kepada Pengurus MWC NU Ampel Gading yang kini berdiri sebagai Kantor MWC NU Ampel Gading yang juga sebagai Tergugat 4.

Mengetahui perihal diatas, para Penggugat melakukan beberapa upaya salah satunya, mediasi kepada para pihak yang terkait.

Upaya para Penggugat menemui jalan buntu atau tidak ada kesepakatan lantaran, diduga para Tergugat merasa telah memiliki alas hak yakni, sertifikat baru dan sertifikat lama nomor 169 dianggap hilang.

Hal diatas, pihak BPN Kabupaten Malang, pada tahun 2022 telah menerbitkan sertifikat baru dengan nomor.2537 luas 1160 M2.

Sementara Penasehat Hukum, Penggugat, yakni, Agus Salim Ghozali, kepada Jagadwarta.com, mengatakan, dirinya, berharap, kebenaran akan menemukan jalannya sendiri.    TIM.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari
Girl in a jacket
www.jagadwarta.com