Eks Pengurus Bersaksi Atas Perkara Sengketa Kantor DPC PKB Kabupaten Malang 

Wasilah Indi

Jagad Warta – Malang, Sidang lanjutan, Perkara gugatan nomor.186/ Pdt.G/ 2023/ PN.Kpj., yang diajukan keluarga besar Bibit Suprapto (alm) sebagai Penggugat memasuki agenda mendengar keterangan saksi yang dihadirkan oleh, Penggugat bergulir Rabu (31/1/2024) di Pengadilan Negeri Kepanjen Malang.

Adapun, saksi yang dihadirkan Penggugat yakni, Abdul Mujib  (Komandan Satgas  DPC PKB Kabupaten Malang pada tahun 2000 – 2005) dan Abdur Rahman (eks Ketua DPC PKB Kabupaten Malang tahun 2010 – 2015 ).

Dipersidangan, Abdul Mujib, mengawali  keterangannya, berupa, dirinya merupakan, pengurus PKB Kabupaten Malang, yang  pertama serta kenal dengan Bibit Suprapto ( alm ) sekitar  tahun 2000.

Eks Pengurus DPC PKB Kabupaten Malang bersama Penasehat Hukum Agus Salim Ghozali Usai Sidang.

Lebih lanjut, saksi merupakan, pengurus PKB menjadi komandan Satgas dan mengetahui asal muasal perolehan tanah yang sekarang menjadi obyek sengketa antara Keluarga Besar Bibit Suprapto ( alm ) dengan DPC PKB Kabupaten malang.

Dihadapan Sang Pengadil, saksi mengkisahkan, awalnya tanah tersebut, merupakan tanah milik Ibnu Rubianto (alm) yang  di hibahkan kepada Bibit Suprapto (alm) pada tahun 2001.

” Tanah tersebut, tidak di hibahkan kepada DPC PKB Kabupaten Malang, tapi di berikan kepada Bibit Suprapto (alm) ,”  kata Mujib dalam persidangan.

Keterangan lainnya, saksi tidak pernah  tahu  adanya surat pernyataan dari Bibit Suprapto (alm).

” Saya ketahui, hanya ada sertifikat dapat hibah dari Ibnu Rubianto kepada bibit Suprapto ( alm). Hanya itu saja !, yang saya tahu selebihnya saya tidak tahu ,” terang saksi.

Sesi selanjutnya, Abdur Rahman pada masa kepengurusan  DPC PKB periode tahun 2010 -2015, saksi juga masih menjabat sebagai Ketua DPC PKB,  menerangkan, jika tanah yang menjadi obyek sengketa  tersebut, sepengetahuannya tanah dengan sertifikat atas nama Bibit Suprapto (alm) dan tidak pernah di alihkan atau di jaminkan kepada orang lain.

Sedangkan, perihal, surat pernyataan, selain dari pada yang saksi tahu, hanyalah sertifikat tanah yang sekarang di tempati Kantor DPC PKB adalah atas nama Bibit Suprapto.

Saya hanya melihat dalam profil saja jika  Kantor DPC PKB beralamat di tanah atau obyek yang kini bersengketa.

Selama saksi menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, mengatakan, semasa hidupnya  Bibit Suprapto (alm) tidak  pernah ada sengketa.

Abdur Rahman mengatakan, juga tidak pernah ada balik-nama kepada DPC PKB Kabupaten Malang. Sehingga, sampai saat ini tanah dan bangunan tersebut atas nama Bibit Suprapto.

” Sehingga, diketahuinya, sekarang yang menguasai tanah tersebut, adalah DPC PKB Kabupaten Malang ,” kata saksi

Secara terpisah, Penasehat Hukum, Agus Salim Ghozali, saat ditemui, menerangkan, bahwa dua saksi yang di ajukan cukup paham terhadap kejadian dari obyek sengketa tersebut, karena dua saksi memang betul betul tahu jika tanah milik atas nama.Bibit Suprapto (alm).

Agus Salim Ghozali, menambahkan, kedua saksi merupakan, pengurus DPC PKB Kabupaten Malang ketika terjadi hibah dari Ibnu Rubianto kepada Bibit Suprapto.

Keterangan dua saksi tadi akan membuat terang perkara ini. Sehingga, Sang Pengadil bisa memutus dengan putusan yang benar dan seadil adilnya.

Agus Salim Ghozali, selaku, Penasehat Hukum dari keluarga besar Bibit Suprapto, mengucapkan, terima kasih terhadap kedua saksi karena bersedia memberi keterangan di persidangan.     TIM.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari
Girl in a jacket
www.jagadwarta.com