FKUB Merupakan Implementasi Dari Pancasila Yang Menjadi Dasar Negara Republik Indonesia

Wasilah Indi

Jagad Warta – Malang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia, telah di implementasikan para tokoh lintas agama yang digelar di Balai Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.

Implementasi FKUB tampak bergulir pada Jumat (8/12/2023), yang diikuti para peserta 75 orang dari lintas agama yaitu, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu dan kepercayaan (penghayat kapribaden) serta tokoh masyarakat tampak juga Kades, Purwati, juga hadir di acara tersebut.

Dikesempatan itu, Nara sumber, Agus Salim Ghozali, yang merupakan, Ketua Forum Organisasi Bantuan Hukum Indonesia, Jawa timur, juga sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum LK-3M yang terakreditasi Kemenkum HAM RI.

Menyampaikan, paparannya, betapa pentingnya, kerukunan umat beragama dalam agama Islam sudah diatur di Al Qur’an.

Begitu juga sudah atur di kitab kitab agama kristen,Hindu,Budha,Konghucu lalu tugas kita adalah bagaimana ?, karena kita dalam membangun bangsa ini tidak bisa sendiri,
harus melibatkan, orang banyak.

Baik suku, agama dan harus kompak. Tidak bisa satu lidi bisa membersihkan halaman rumah tapi jika sapu lidi itu, dikumpulkan lalu di ikat maka halaman tersebut, pasti akan bersih.

” Maka kita harus kompak dan bersatu untuk membangun bangsa ini. Khususnya, desa Sumberdem, ” kata Agus Ghozali.

Agus Salim Ghozali, mengilustrasikan, semisal, ada Kepala Desa melalui, programnya, bagus, cerdas tapi tidak ada rakyat atau masyarakat yang tidak mau mendukung programnya maka apa arti Kepala Desa yg cerdas dan punya program tersebut ?.

Melalui, FKUB, dirasa sangat dibutuhkan oleh, bangsa negara ini. Termasuk Desa untuk membuat agar Desanya aman bersatu guna terus membangun.

Sehingga, Desanya maju banyak prestasi seperti Desa Sumberdem yang di Komandoi oleh, Purwati beserta staff dan jajarannya.

Diketahui bersama dibawah komando Purwati, Desa Sumberdem, telah banyak menjadi juara di tingkat nasional sebagai paralegal Justice Award. Hal ini, secara spontan langsung mendapatkan aplaus dari para peserta.

Agus Salim Ghozali, juga mengajak masyarakat Desa Sumberdem agar terus hidup rukun saling toleransi.

Bukan berarti toleransi dalam membangun Desa, namun juga hubungan Hablum Minna nass. Tapi kalau terkait ibadah harus sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Lebih lanjut, Agus Ghozali, menerangkan, jika kita semua berasal dari sumber agama dan Nabi yang satu yaitu, dari Nabi Ibrohim,
yang mempunyai dua istri dan dari istri yang satu punya anak Nabi Ismail yang menurunkan Nabi Muhammad Saw.

Nabi Muhammad SAW, inilah, yang membawa agama Islam dan dari istri yang satu lagi menurunkan Nabi Iskak.
Dari Nabi Iskak menurunkan Nabi Isa atau Isa Al masih (agama kristen).

Diakhir penyuluhan hukum terkait, FKUB tersebut, Agus Ghozali, berpesan, jika ada terkait hukum di masyarakat Desa Sumberdem bahwa LBH LK-3M, dan bareng Gus Law Firm, akan selalu, siap memberikan bantuan bagi masyarakat sekitar Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.   TIM.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari
Girl in a jacket
www.jagadwarta.com