Rapat Paripurna Penyampaian Kata Akhir Fraksi DPRD Kabupaten Kepulauan Aru

Fraksi PKB Tidak Menerima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Anggaran 2021

Wasilah Indi

Jagad Warta – Kepulauan Aru, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, dalam rangka penyampaian kata akhir Fraksi DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Anggaran 2021,bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, di Jalan. Raya Pemda I Kelurahan Siwalima Kecamatan Pulau-pulau Aru Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku, pada Rabu (07/9/2022).

Dalam Rapat Paripurna tersebut, tampak dihadiri, Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, dr.Johan Gonga, Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, Drs.Moh.Djumpa, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Udin Belsigaway, Sekertaris Dewan Kabupaten Kepulauan Aru, Marthen Putnarubun,
Waka Polres Kepulauan Aru, Kompol.Idham Chalid, Danlanal Aru diwakili Kapten Laut (P) Daulat Mangasi, Kajari Kabupaten Kepulauan Aru, diwakili Kasipidum, Wira,
Kepala Pengadilan Negeri Klas II Dobo, di wakili, Manstuentus Patti, Wakil Ketua II DPRD, Peny Silvana Loy dan para anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru dan para staf ahli Bupati Kabupaten Kepulauan Aru serta para Asisten Sekda Kabupaten Kepulauan Aru juga Pimpinan OPD Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam Rapat Paripurna Penyampaian Kata akhir fraksi-fraksi terhadap Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Anggaran 2021.

Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 ini, merupakan bagian dari suatu proses Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan serta Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, sebagaimana amanat konstitusi dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, yang dijabarkan rinci dalam Permendagri No.77 Tahun 2020.

Sebagaimana kita ketahui, bersama bahwa pada tanggal 14 Juli kemarin kami Pemerintah Daerah telah menyampaikan, Nota Pengantar Ranperda dan dihari ini kita berkumpul kembali dalam Sidang Paripurna yang terhormat guna mendengar pendapat akhir fraksi, setelah sekian hari lalu telah dibahas secara bersama-sama.

Untuk itu atas nama Pemerintah Daerah, saya menyampaikan, terima kasih yang tak terhingga, kepada Badan anggaran, komisi-komisi, fraksi-fraksi dan seluruh Pimpinan serta anggota DPRD yang mana telah bekerja keras, dalam upaya konsolidasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD 2021, yang sudah barang tentu menyita banyak waktu pikiran kita semua dalam seluruh pentahapan pembahasannya.

Selaku, Bupati Kepulauan Aru, saya memberikan apresiasi kepada Pimpinan dan Seluruh Anggota DPRD, yang telah menunjukkan komitmen dalam mengkaji dan mengevaluasi Rancangan Peraturan Daerah , tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru tahun anggaran 2021, serta menyepakati dan memberikan persetujuan terhadap Ranperda tersebut.

Selanjutnya, akan ditindaklanjuti oleh, Pemerintah Daerah, sesuai saran, masukan dan penekanan-penekanan yang disampaikan, dalam kata putus fraksi untuk selanjutnya akan disampaikan, kepada Pemerintah Provinsi untuk mendapatkan legitimasi persetujuan Gubernur Maluku, sehingga bisa ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Terselenggaranya, paripurna pada saat ini, menunjukan bahwa, DPRD bersama Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk menyelesaikan seluruh agenda yang telah direncanakan.

Untuk itu, sebelum mengakhiri sambutan ini, selaku Bupati Kepulauan Aru, sangat berharap kiranya kerjasama dan kemitraan ini terus kita tingkatkan.

Pada gilirannya, akan berdampak pada kinerja Pemerintah Daerah dan DPRD dalam penyelesaian tugas-tugas Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan yang ter – jabarkan dalam APBD setiap tahun anggaran.

Perlu diketahui, dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, terkait dengan penyampaian kata akhir fraksi DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru tahun anggaran 2021.

Salah satunya, yaitu, fraksi PKB tidak menerima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Anggaran 2021.               Kabiro Maluku/Papua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari
Girl in a jacket
www.jagadwarta.com